cutting_sticker_design

Cutting Sticker

Cutting sticker hampir dapat ditemukan di setiap tempat, karena sticker ini biasa ditempel di motor atau mobil/kaca mobil. Secara umum perbedaan dengan sticker biasa adalah proses pembuatannya dengan cara dipotong, bukan dicetak. Warna yang didapatkan adalah warna asli sticker, sehingga salah satu ciri sticker ini warnanya solid dan hanya terdiri beberapa warna saja. Ini berhubungan dengan semain rumitnya pembuatan apabila menggunakan banyak warna. Tentu saja tidak dapat diperoleh gradasi yang bagus dengan sticker ini.

Komponen cutting sticker terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan paling atas yang berupa lapisan plastik bening dengan sedikit perekat. Lapisan paling atas ini biasa disebut masking tape dan gunanya untuk mengangkap sticker saat akan ditempel. Lapisan kedua / tengah adalah sticker itu sendiri, dan lapisan paling bawah adalah alas sticker sebagai pelindung lem.

Kelebihan Cutting Sticker :
Dibandingkan dengan sticker digital printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.

Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.

Jenis sticker cutting seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini.

Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi.