wide_neon_box

Neon Box

Neon box standar berupa kotak persegi panjang atau bujursangkar yang diterangi oleh cahaya yang berasal dari lampu neon di bagian dalam, sehingga tetap terlihat pada saat malam/gelap. Selain neon box standar, ada juga shaped neon box, yaitu neon box yang bagian sekelilingnya dapat dibentuk mengikuti logo maupun kalimat yang diinginkan. Termasuk ke dalam kategori sign system/signage untuk kebutuhan promosi atau solusi advertising.

Neon box cocok untuk diletakkan di luar ruang maupun di dalam ruang. Karena seringkali digunakan di luar ruangan, maka neon box dibuat dengan menggunakan rangka besi yang sekelilingnya dilapisi oleh dinding galvanil, stainless steel atau alumunium. Dinding di sekeliling rangka neon box berfungsi untuk melindungi lampu neon di dalam neon box agar tidak mudah pecah, cahaya lampu tidak bocor keluar, dan mencegah terlalu banyak air yang masuk ke dalam jika sedang hujan.

Bidang gambar pada neon box dibuat menggunakan acrylic atau flexy backlight (atau terkadang ditulis backlite/backlit). Pemilihan bahan ini tergantung pada ukuran dan kebutuhan. Biasanya acrylic hanya dipakai untuk neon box ukuran kecil dan sedang karena keterbatasan ukuran acrylic. Neon box berukuran besar dibuat menggunakan flexy backlight. Pemasangan neon box dapat dilakukan dengan rangka tambahan di atas bangunan, menggantung ke dinding, atau dipasang pada tiang yang berdiri sendiri.

Salah satu kelebihan neon box adalah daya tariknya yang tinggi. Penambahan lampu membuatnya bercahaya pada malam hari dan mudah untuk terlihat bagi calon customer. Sebenarnya ada pilihan lain selain lampu neon yang umumnya digunakan, Anda bisa memakai lampu TL biasa atau lampu LED yang lebih hemat listrik dan cahayanya lebih merata. Lampu LED menghemat listrik dalam jangka waktu panjang, namun memiliki harga lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu neon.